Kue Bulan

kue bulanKue bulan (Hanzi: 月餅, pinyin: yuèbǐng)

adalah makanan tradisional Masyarakat Tionghoa yang menjadi sajian wajib pada perayaan Festival Musim Gugur setiap tahunnya. Di Indonesia, kue bulan biasanya dikenal dalam Bahasa Hokkian-nya, gwee pia atau tiong chiu pia. Sedangkan dalam bahasa Hakka / Khek- nya, yaitu ” Nyekh Ppyang ” .
Kue bulan tradisional pada dasarnya berbentuk bulat, melambangkan kebulatan dan keutuhan. Namun seiring perkembangan zaman, bentuk-bentuk lainnya muncul menambah variasi dalam komersialisasi kue bulan.

Asal Usul Kue Bulan

Festival kue bulan, atau dalam Bahasa Mandarin adalah Festival Zhong Qiu Jie, merupakan hari suka cita yang dilambangkan dengan kehadiran bulan purnama penuh. Menurut rakyat China, pada hari itu adalah suatu masa dimana bulan paling dekat dengan bumi, berdampingan dengan batas langit dan bersinar kemerahan, yang melambangkan bersatunya pria (matahari) dengan wanita (bulan), seperti Yin dan Yang dalam tradisi China.

Tradisi ini muncul pertama kali pada masa Dinasti Xia dan Dinasti Shang. Tradisi ini merupakan tradisi masyarakat China yang bersifat ritual, namun ritual ini baru popular ketika masa Dinasti Tang. Ritual ini berasal dari masyarakat pertanian China, dimana mereka meminta kepada Dewa Bumi agar diberi musim dan panen yang baik.

Di akhir masa panen, yaitu sekitar pertengahan bulan ke-8, para petani tersebut akan melakukan pemujaan kepada para Dewa yang telah memberikan hasil panen yang berlimpah. Pemujaan tersebut berupa rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada para Dewa. Banyak yang percaya bahwa Festival Pertengahan Musim Gugur atau Festical Kue Bulan berasal dari sini.

Selain itu, masih ada legenda lain menyangkut festival kue bulan ini. Konon, pada jaman dahulu kala, bumi memiliki 10 matahari dan membuat rakyat kekeringan dan menderita. Lalu seorang pemanah bernama Hou Yi, pergi untuk memanah 9 buah matahari sehingga yang tersisa hanya tinggal 1 matahari. Hou Yi pun dianggap menjadi pahlawan dan diangkat menjadi Raja di China.

Suatu hari, Hou Yi pergi ke pegunungan Kun Lun untuk bertemu dengan ratu Xi Wang Mu. Sang ratu pun memberikannya obat mujarab yang mampu membuat orang terbang ke langit dan menjadi dewa. Hou Yi pun menitipkan obat tersebut kepada istrinya yang bernama Chang’E. Seorang pegawai istana yang bernama Peng Meng, ternyata menyadari fungsi dan adanya obat tersebut sehingga berniat untuk mencuri obat tersebut.

Suatu hari saat Hou Yi sedang keluar istana, Peng Meng pun menyusup ke dalam kamar Hou Yi dan memaksa Chang’E untuk menyerahkan obat tersebut. Chang’E yang menyadari bahwa ia bukanlah lawan yang sepadan untuk Peng Meng, segera memakan obat tersebut dan melarikan diri.

Tiba-tiba Chang’E merasa tubuhnya menjadi sangat ringan dan kemudian terbang ke angkasa. Selagi mengkhawatirkan suaminya, Chang’E sudah mendarat di bulan, benda langit terdekat dengan bumi. Saat Hou Yi pulang, ia pun sangat sedih setelah mengetahui apa yang terjadi. Hou Yi lalu membuat sebuah altar untuk mengenang istrinya, Chang’E yang sudah menjadi Dewi Bulan. Di sana ia meletakkan makanan kesukaan Chang’E dan buah-buahan segar sebagai bentuk persembahan kepada istrinya di bulan. Konon, kecantikan Chang’E akan sangat terlihat dari bumi pada waktu bulan dalam keadaan paling penuh dan paling terang.

Inilah yang menjadi asal-usul dari masyarakat China kuno yang mulai mempersembahkan makanan dan buah-buahan kepada Dewi Bulan, salah satunya adalah Kue Bulan yang terkenal.

Harga Promo Kue Bulan (Belum Termasuk Ongkos Kirim) :

 Tersedia 5 pilihan rasa :

– durian
– cokelat
– keju
– cempedak
– cokelat keju

Semua rasa harganya sama (tapi ada 2 merk)

Merk Ny. Lauw           = Rp 30.000/pc

Merk Lauw Kim Wie = Rp 24.000/pc

Minimal Pembelian 4 pcs

 

kue bulan Ny Lauw

Kue Bulan Ny.Lauw kecil isi 3 harga ekonomis Rp 24.000

 

Untuk Order, Silakan Isi Form Dibawah Ini,

dan Kami akan Email Total Biaya (Produk+Ongkos Kirim) dan No Rekening Kami.

Nama Anda  
Email  
No Handphone  
Alamat Pengiriman (baris 1)  
Alamat Pengiriman (baris 2)  
Kecamatan  
Kota/Kabupaten  
Kode Pos  
Propinsi  
Yang di Order  
Catatan Tambahan  
Masukkan Kode Dibawah  
(tanpa spasi)
  captcha
 

Jika ada kesulitan dalam order melalui form di atas, silakan hubungi customer service kami via :

 

new-customer-service-kuekeranjang